Moslem – Power of Connection – Everything I want to share ^_^ – Talk english like english do not talk english Indonesian

PENGALAMAN KERJA PRAKTIK DI PERTAMINA RU V BALIKPAPAN

Sebelumnya terimakasih syukur dan Alhamdulillah kepada semua element yang terlibat dalam pengalaman ini,,

Sebagai mahasiswa teknik, kurang lengkap jika tidak mengalami masa kerja praktik. Kerja Praktik adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil pada waktu tertentu setelah minimal SKS terlampaui. Pada saat itu menyusun proposal kerja praktik sudah menjadi kesibukan pada masa kuliah semester 5, karena masa waktu kerja praktik yang berada pada liburan semester 5.

Banyak sekali referensi-referensi tempat kerja praktik di Jurusan Teknik Lingkungan ini, dari berbagai perusahaan swasta maupun BUMN. Sedangkan focus materi ke Teknik Lingkunganya mulai dari K3, dokumen lingkungan (AMDAL-Proper), Pengolahan Limbah, Remediasi Lingkungan, Evaulasi Kinerja hingga  Perencanaan dan banyak masih banyak sekali. Anda dapat melihat di Ruang Baca (RBC) Teknik Lingkungan FTSP ITS untuk melihat referensi focus ke-TL an dan Referensi  Perusahaan.

Perkenalkan salah satu partner saya untuk Kerja praktik ini adalah Hamzah NRP 99, sebenarnya saya lupa lupa ingat kalau saya pernah janjian akan melakukan KP bersama, tapi ya sudahlah jalanin saja. Karena tempat KP nya sudah ditentukan sejak dulu saya setuju sekali, KP ini bertempat di Pertamina RU V Balikpapan. Ada beberapa tips yang harus diketehui untuk setiap angkatan yang ingin mengerjakan KP,

  • Di data terlebih dahulu partner KP, kenapa? Biar tidak keroyokan, untuk menghindari keributan nanti. Dan sebaiknya lebih baik di rundingkan secara indpenden mencari partnernya sendiri
  • Kemudian mendata tempat KP, untukmengantisipasi kapasitas yang terbatas biasanya untuk perusahaan tertentu dan yang paling penting adalah judul focus tl yang tidak boleh sama, apa lagi dari universitas yang sama.

Sewaktu saya di Balikpapan sekitar 2 minggu pertama saya menginap di perumahan pertamina. Yah karena partner saya yang memang keluarganya tinggal dan kerja di sini. Berikut badalah penampakan nomor salah satu rumah di perumahan pertamin  a

C360_2014-06-30-19-12-03-995

Seingat-ingat nihh ya,, perumahan pertamina ini terletak di deteretan gunug salah satu nama yang saya ingat karena saya berada di tempat tersebut adalah di gunung dubs. Di gunung ini merupakan tempat rumah yang sedikit elit karena konon tempatnya selevel asisten manager.

Kemudian setelah itu saya berpindah tempat di tempat saudara yang berada di dekat Pantai Lamaru dan di Balikpapan Kota di sekitar Jalan Yos Sudarso.

Hari kerja adalah senin sampai jumat sedangkan sabtu dan minggu libur. Hari libur yang menyenangakan

Diselah selah kerja praktik, banyak sekali tempat-tempat yang kita jelajahi seperti pantai-pantai, tempat yang pernah didatangi tim mister tukul. Sampai shopping  lalu setrika jalan raya.

Saya kasih sedikit foto-foto di sana

This slideshow requires JavaScript.

Pertamina Refinery Unit V Balikpapan adalah salah satu Unit Pengolahan dari beberapa unit pengolahan pertamina.

Kilang pertamina

thanks for reading, please give me your comment or a reply..,,,,

